Welcome to mosaik-pena

Share your thoughts here

Member Login


MAHIR BELANJA ONLINE ANTI TIPU


[Author: Sukmawati, Posted on: 2015-03-17 15:31:14]

Oleh: Awan Setio Budi

Internet telah membawa revolusi gaya hidup besar-besaran, termasuk dalam hal berbelanja. Mudah, efisien dan banyaknya pilihan menjadi alasan utama bagi para pembeli online.

Awalnya, jual beli online berkembang pesat di Indonesia diawali dengan banyaknya iklan baris yang tersebar di jagat internet. Sebenarnya iklan baris ini adalah evolusi dari iklan baris ‘konventional’ yang sering dijumpai di halaman koran. Prosedurnya sama saja, penjual mengiklankan barang di media sosial atau forum menggunakan iklan baris namun transaksi baru bisa dilakukan setelah berkomunikasi secara langsung antara penjual dan pembeli, bukan melalui media iklan tersebut. Situs penyedia jasa iklan baris online yang terkenal adalah olx.co.id (tokobagus.com dan berniaga.com) dan forum jual beli kaskus (fjbk).

Kemudian berkembang situs jual beli ‘retail online’, berbeda dangan iklan baris, model ini memberikan tingkat keaman yang lebih baik, hal ini dikarenakan transaksi jual beli antara penjual dan pembeli dilakukan menggunakan sebuah sistem yang sudah diterapkan oleh situs retail yang bersangkutan. Situs retail inilah yang umumnya dikenal dengan sebutan toko online dimana penjual memasarkan barangnya menggunakan media website dan pembeli dapat melihat dan membelinya langsung. Namun bukan tanpa resiko mengingat banyaknya penipuan berkedok toko online. Kejelian dalam berbelanja juga sangat diperlukan. Contoh situs jual beli retail online terpercaya adalah bhinneka.com, lazada.co.id, blibli.com dan zalora.co.id.

Saat ini tidak kalah tenar adalah situs marketplace. Marketplace dapat dianalogikan sebagai mall online. Di sini situs penyedia jasa mall online tidak ikut berjualan melainkan para penjual yang tergabung di dalamnya yang menjual barang dagangannya. Pada umumnya marketplace menyediakan tingkat keamanan yang paling baik dalam hal transaksi yaitu penggunaan sistem pembayaran escrow atau lebih umum dikenal sebagai rekening bersama. Ketika terjadi transaksi antara pihak penjual dan pembeli maka pihak marketplace menjadi pihak ketiga yang akan menerima pembayaran dari pembeli dan kemudian menyerahkan pembayaran ke penjual setelah pembeli memberikan konfirmasi bahwa barang pesanannya telah dikirimkan dan sampai di tangan tanpa cacat. Contohnya adalah elevenia.co.id, tokopedia.com dan bukalapak.com

Bersama kemudahan yang ditawarkan, mengintai ancaman penjahat cyber kepada pembeli online. Jadilah pembeli cerdas dengan selalu memperhatikan tata cara berbelanja online yang baik. Ada empat poin penting dalam berbelanja online yaitu

1. Ketelitian dalam memilih dan membeli barang online

Sebelum memutuskan, bandingkan barang di situs online tersebut dengan barang sejenis di situs lain. Harga terlalu mencolok atau harga terlalu murah di bawah harga pasaran bisa jadi barang yang dijual memiliki kualitas buruk atau cacat kualitas. Berpikirlah realistis bahwa ada hukum mutlat jual beli yang selalu benar yaitu harga sama dengan kualitas, apapun alasan dan penawarannya selalu berpatokan pada hukum tersebut.

2. Selidiki kredibilitas penjual

Jual beli online berarti pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung, selidiki kredibilitas penjual dengan melihat testimoni dari para pembeli sebelumnya, pastikan sang penjual mencantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi, jangan mentransfer apapun jika belum jelas dan usahakan jika masih ragu gunakan sistem cash on delivery (cod) atau bayar di tempat.

3. Waspadai Phishing

Bukan hal baru, penjahat cyber menipu para pembeli online dengan teknik phishing. Phishing adalah sebuah teknik dimana pembeli memberikan data pribadi penting seperti data akun, kata sandi ataupun pin kepada penjahat cyber tanpa sengaja. Sederhananya, penjahat cyber membuat sebuah replika situs perusahaan besar, seperti situs toko online, situs bank dan lain sebagainya yang  membuat pembeli terkecoh dan tanpa sadar memberikan data pentingnya. Oleh karenanya periksa dengan cermat nama dan domain situs di bagian address bar pada web browser dengan benar jika mencurigakan lebih baik batalkan. Jika terlanjur melakukan pembayaran segera hubungi pihak bank untuk melakukan pembatalan transaksi.

4. Periksa kebijakan pengiriman

Baca dengan seksama kebijakan dari penjual untuk menghindari kesalahpahaman dalam bertransaksi. Simpan bukti transaksi berupa salinan digital maupun cetak guna untuk menyangkal tagihan diluar pembelian atau hal yang tidak diinginkan lainnya

 

Segala bentuk kemudahan memang jelas di genggaman namun bijaklah dalam membeli, ingatlah bahwa membeli haruslah karena kebutuhan dan bukan membeli karena keinginan. Bahagia rasanya jika kebutuhan telah terpenuhi tanpa merasa bersalah karena anggaran bulanan terpotong untuk hal yang memang perlu. Jika memang berat rasanya untuk tidak membeli barang keinginan yang sudah lama diidamkan ada baiknya menunggu momen spesial hari besar seperti natal, lebaran, hari raya lainnya atau hari jadi situs online tersebut karena akan ada banyak diskon atau potongan harga untuk setiap item barangnya dan bisa jadi salah satunya adalah barang yang sangat diinginkan.

Perlu dipahami bahwa di Indonesia masih minim penanganan atas kasus-kasus penipuan jual beli online, jika terjadi penipuan maka segeralah melapor langsung ke kantor kepolisian daerah (Polda) atau kantor kepolisian resort (Polres) yang telah memiliki divisi cyber crime dengan segala tanggung jawab atas kelengkapan bukti dan laporan yang diberikan. (AEB)

Most Commented