Welcome to mosaik-pena

Share your thoughts here

Member Login


Cloud Computing Untuk Pendidikan


[Author: , Posted on: 2016-08-08 12:02:25]

Pemanfaatan dari cloud computing, saat ini sedang diakui di dunia industri dan institusi diseluruh tingkatan. Saat ini diprediksi hampir 90 persen, menggunakan beberapa jenis aplikasi berbasis cloud. Cloud computing memiliki tiga manfaat yang dapat dirasakan secara langsung oleh penggunanya.

Pertama, aplikasi berbasis cloud computing, dapat mengurangi biaya pembangunan infrastruktur teknologi informasi. Kedua, meningkatkan kemudahan pengaksesan pada objek yang dituju, 3) Ketiga, suatu Organisasi dapat lebih fleksible dalam menyesuaikan produk yang dimilikinya. Manfaat cloud computing juga dampak yang dirasakan dibidang pendidikan, yang mengubah cara kerja bidang pendidikan, baik itu dalam bentuk pendidikan online ataupun pendidikan konvensional.

Cloud computing mengubah beberapa bagian di bidang pendidikan, diantaranya: 1) Buku Teks, 2) Materi Pelajaran 3) Perangkat Keras Pembelajaran, 4) Perangkat Lunak Pembelajaran, dan 5) Sekolah Alternatif.

1. Buku Teks

Bukan satu hal yang mengherankan, bahwa harga buku-buku teks untuk pendidikan tinggi, relatif mahal, dimana berdampak pada daya beli para mahasiswa terhadap buku ajar, dengan adanya buku teks berbasis cloud dapat memecahkan masalah ini sebagai konten digital secara signifikan lebih murah daripada buku teks yang dicetak.

Pada tingkatan ini para mahasiswa yang memiliki uang saku pas-pasan diharapkan, dapat memiliki kualitas materi belajar yang sama dengan teman-teman sesama mahasiswa yang memiliki uang saku yang cukup untuk membeli buku teks cetakan.

Para mahasiswa BSI khususnya dan mahasiswa Indonesia pada umumnya, bisa dengan cara gratis ataupun berbayar mengakses buku-buku teks melalui internet.

2. Materi Pelajaran

Permasalahan buku teks pelajaran yang harganya relatif mahal, banyak pelajar dan juga mahasiswa mendapatkan materi pelajaran yang sudah ketinggalan jaman. Terutama untuk mata kuliah ilmu komputer yang berkaitan dengan teknologi komputer pastilah setiap menit lahir teknologi yang baru, dan juga berhubungan dengan bahasa pemrograman banyak sekali hal-hal yang baru. Apa bila dibukukan, maka akan memakan waktu yang lama, tetapi apa bila dicetak dalam format e-book dan diletakan pada cloud, maka mudah untuk diperbaharui dan juga akan mudah untuk didistribusikan, serta diakses oleh para mahasiswa, terutama mahasiswa-mahasiswi Bina Sarana Informatika.

3. Perangkat Keras

Saat ini perangkat keras berupa device komputer seperti netbook atau notebook, relatif mudah untuk didapatkan dengan harga yang relatif murah. Terutama smile device seperti smartphone, rata-rata setiap mahasiswa memiliki smartphone dengan sistem operasi Android. Saat ini aplikasi berbasis cloud, sudah sangat kompatibel dengan perangkat netbook, notebook dan smartphone. Terutama mahasiswa yang tidak pernah tertinggal adalah smartphonenya. Mahasiswa juga tidak perlu khawatir harus membeli perangkat penyimpanan eksternal, karena saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan media penyimpanan gratis berbasis cloud, seperti google drive, droopbox, atau sendspace.

4. Perangkat Lunak

Salah satu keuntungan dengan menggunakan cloud computing adalah adanya model Software as a Service (SaaS), karena saat ini sudah banyak perangkat lunak yang tersedia secara gratis. Karena dengan adanya perangkat lunak yang dapat diakses secara gratis maka secara substansi mengurangi pengeluaran untuk pembelian perangkat lunak yang penting bagi para mahasiswa, seperti aplikasi office. Aplikasi office online yang dapat diakses secara gratis diantaranya google docs yang kompatible diakses menggunakan semua web browser, akan tetapi rekomendasi menggunakan google chrome. Terlebih dapat diakses menggunakan smartphone berbasis android, diantaranya google doc, sheets dan slide. Selain google doc, Zoho docs sebagai alternatif yang baik, dengan mendapat ruang penyimpanan secara gratis sebesar 5 GB. Zoho dapat bekerja secara online atau offline, jika bekerja secara offline dokumen kita akan disingkronisasi setelah mendapat akses internet.

5. Alternatif Sekolah

Cloud computing telah membuka wawasan dunia baru tanpa batas untuk para mahasiswa. Mungkin saja layanan pendidikan yang tidak terlayani pada pendidikan secara konvensional, cloud computing dapat melengkapi layanan tersebut. Seperti layanan pendidikan jarak jauh (e-Learning) sebagai alternatif pendidikan konvesional. Segala materi pelajaran sudah disediakan pada sistem e-learning yang dapat dikolaborasikan pada cloud computing, maka dengan demikian para mahasiswa  dapat memiliki akses ke sumbe daya pendidikan yang berkualitas tinggi.

Saat ini sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia telah memiliki sistem e-learning yang cukup mumpuni dengan daya akses yang cukup besar. Alangkah baiknya jika dikolaborasikan dengan cloud computing, sehingga mahasiswa mendapat akses lebih kemateri-materi pelajaran yang berkualitas yang sama dengan mahasiswa yang kuliah di luar negeri (Frieyadie)

 

Most Commented